Oleh: blogfirman | 21 November 2009

Tentang Kematian Menurut Islam

Disampaikan bahwa, Kematian itu bisa menimpa siapapun, kapanpun, dimanapun dan bagiamanapun keadaannya. Tanpa membedakan status sosial ( kaya atau miskin ), usia ( muda ataupun tua ), dan sebagainya. Dan tidak ada satupun yang bisa menundanya jika Allah SWT telah Menghendakinya.

Telah disebutkan dengan jelas dan pasti di dalam Al-Qur’an tentang kematian.  Berikut masing – masing penjelasan dan dasarnya didalam Al-Qur’an ;

  1. Kematian bersifat memaksa dan siap menghampiri manusia walaupun kita berusaha menghindarkan resiko-resiko kematian.
    Katakanlah: “Sekiranya kamu berada di rumahmu, niscaya orang-orang yang telah ditakdirkan akan mati terbunuh itu ke luar (juga) ke tempat mereka terbunuh”. Dan Allah (berbuat demikian) untuk menguji apa yang ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yang ada dalam hatimu. Allah Maha Mengetahui isi hati. (QS Ali Imran, Ayat 154)
  2. Kematian akan mengejar siapapun walaupun ia lari menghindar.
    Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan”. ( QS al-Jumu’ah, ayat 8 )
  3. Kematian datang secara tiba-tiba.
    Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS,   Luqman Ayat 34)
  4. Kematian telah ditentukan waktunya, tidak dapat ditunda atau dipercepat
    Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS, Al-Munafiqun, Ayat 11)

Untuk itu mari kita semua mempersiapkan diri kita dengan sebaik-baiknya amal sholeh. Dan lagi-lagi kita di ingatkan bahwa sebaik-baik amal sholeh yaitu yang dilakukan dengan ilmu.  Nabi Muhammad SAW bersabda, “ Barang siapa yang menginginkan sukses di dunia maka dengan ilmu, Barang siapa yang menginginkan sukses di akhirat maka dengan ilmu, Barang siapa yang menginginkan sukses di dunia & akhirat maka dengan ilmu”.

 

Kebenaran hanya milik Allah SWT, jika ada kesalahan dalam penyampaiaan tak lain dari kesalahan penulis. Untuk itu mohon dimaafkan. Semoga Bermanfaat….!!!

 

Hikmah Jum’at 20 Nopember 2009


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: