Oleh: blogfirman | 27 November 2009

Taqwa Kepada Allah SWT

Kaum mislimin yang dimuliakan Allah SWT, marilah kita bersama-sama meningkatkan ketaqwaan kita kepada ALLAH SWT, agar kita mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Karena tugas kita sebagai manusia hanya menyembah kepada Allah SWT. Allah SWT berfirman: “ Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. QS. Ali Imran Ayat 102.

Taqwa itu sendiri berasal dari kata Waqa, Yaqi, Wiqayatan, yang berarti perlindungan. Taqwa berarti melindungi diri dari segala kejahatan dan kemaksiatan. Pengertian taqwa diantaranya adalah “ Imtitsalu awamiriLLAH wa ijtinabu nawahiHi “ atau melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Langkah untuk mencapai derajat taqwa ;

  1. Mu’ahadah
    Mu’ahadah berarti selalu mengingat perjanjian kepada Allah SWT, bahwa dia akan selalu beribadah kepada Allah SWT. Seperti merenungkan bahwa sekurang-kurangnya 17 kali dalam sehari semalam. yaitu dengan manjalankan ibadah sholat fardlu. Dan menjalankan sholat sunnah nya. Baik Qobliyah ( sholat sebelum sholat fardlu ) dan Ba’diyah ( sesudah sholat fardlu ). Dan lebih baik lagi dengan menjalankan sholat malamnya.
  2. Muraqabah
    Muraqabah berarti merasakan kebersamaan dengan Allah SWT dengan selalu menyadari bahwa Allah SWT selalu bersama para makhluqNya dimana saja dan kapan saja. Beberapa macam muraqabah diantaranya muraqabah kepada Allah dalam melaksanakan ketaatan dengan selalu ikhlas kepadaNya; muraqabah dalam kemaksiatan adalah dengan taubat, penyesalan dan meninggalkannya secara total; muraqabah dalam hal-hal yang mubah adalah dengan menjaga adab-adab kepada Allah dan bersyukur atas segala nikmatNya; muraqabah dalam mushibah adalah dengan ridha atas ketentuan Allah serta memohon pertolonganNya dengan penuh kesabaran.
  3. Muhasabah
    adalah usaha seorang hamba untuk melakukan perhitungan dan evaluasi atas perbuatannya, baik sebelum maupun sesudah melakukannya.
  4. Mu’aqabah
    Mu’aqabah berarti memberikan sanksi kepada diri sendiri tatkala melakukan keburukan atau lalai dalam melakukan kebaikan
  5. Mujahadah
    adalah optimalisasi dalam beribadah dan mengimplementasikan seluruh nilai-nilai Islam dalam kehidupan.

Mudah-mudahan Allah SWT memberikan kita hidayah taufiknya agar kita bisa selalu bertaqwa dan dimatikan kita dalam keadaan islam. AMIN YA ROBBALALAMIN….

 

Kebenaran hanya milik Allah SWT, jika ada kesalahan dalam penyampaiaan tak lain dari kesalahan penulis. Untuk itu mohon dimaafkan. Semoga Bermanfaat….!!!

 

Hikmah Jum’at / 27 November 2009

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: