Oleh: blogfirman | 11 Desember 2009

“MENUNTUT ILMU ITU WAJIB ATAS SETIAP MUSLIM”

Tak sedikit orang-orang barat menyebutkan, bahwa Islam tidak akan bisa mengikuti perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi. Tentu saja, sebagai seorang muslim kita harus dengan tgegas menyebutkan, “ bahwa itu tidak benar “. Ya, memang benar…!! Saat ini mereka banyak membuat alat alat yang canggih hingga  teknologi baru yang mutakhir. Namun mereka lupa, bahwa orang-orang Islam semasa dahulu lah, yang banyak menemukan ilmu pengetahuan. Sehingga mereka bisa, mengembangkan teknologi hingga saat ini. Mereka lupa, bahwa Islam memiliki cendikiawan yang mampu menemukan ilmu pengetahuan dan berguna sampai sekarang.

Orang-orang barat lupa, bahwa Islam memiliki banyak cendikiawan. diantaranya adalah ; IBNU SINA yang lebih dikenali di Barat  dengan nama Avicena. Dan sebagian besar karyanya adalah tentang filsafat dan pengobatan. Bagi banyak orang, Ibnu Sina adalah Bapak Pengobatan Modern. Dialah yang mencatat dan menggambarkan anatomi tubuh manusia secara lengkap untuk pertama kalinya. Bukunya yang terkenal yang berjudul  (Penyembuhan) dan (Peraturan-Peraturan dalam Kedokteran) yang selama 15 abad menjadi literatur penting bagi fakultas-fakultas kedokteran di Eropa.

Banyak yang sependapat jika fisikawan terbesar sepanjang sejarah adalah Isaac Newton. Tapi fisikawan Islam lahir lebih awal pada 965 sebelum masehi, di wilayah yang kini disebut Irak. BBC menyebut Ibn-al Haytham merupakan yang melakukan investigasi awal mengenai cahaya. Oleh karena itu Ibn al-Haytham bisa disebut sebagai bapak metode ilmu modern. Dan banyak lagi cendikiawan Islam lainnya.

Dan jauh dari itu, dengan shulton ( kekuatan ) yang diberikan. Kita diperintahkan untuk mendalami apa yang ada di dunia ini. Sang Maha Pemberi Kekuatan yaitu Allah SWT telah berfirman:

“Hai jama’ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan”

QS. surat Ar Rahman ayat 33.

Kemudian, apa yang harus kita lakukan…?

Kita sebagai Seorang Muslim tidaklah cukup hanya dengan menyatakan keislamannya tanpa berusaha untuk memahami Islam dan mengamalkannya. Pernyataannya harus dibuktikan dengan melaksanakan konsekuensi dari Islam. Karena itulah menuntut ilmu merupakan jalan menuju kebahagiaan yang abadi.

Menuntut Ilmu Syar’I, Wajib Bagi Setiap Muslim Dan Muslimah untuk menuntut ilmu. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim”.

Kebenaran hanya milik Allah SWT,  jika ada kesalahan dalam penyampaiaan tak lain dari kesalahan penulis. Untuk itu mohon dimaafkan. Semoga Bermanfaat….!!!

Hikmah Jum’at

11 Desember 2009


Responses

  1. keren… mirip blogQ dlu

  2. Nice info Gan….selamat malam…

    DOWNLOAD E-BOOK AKHIR ZAMAN GRATIS
    http://www.penuai.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: