Oleh: blogfirman | 17 Desember 2009

Pengenalan ASCII

ASCII ( American Standart Code for Internation Interchange ) yaitu suatu kode skema yang menggunakan 7 atau 8 bit, yang memberikan lambang sebanyak 256 jenis karakter. Di dalam karakter-karakter ini telah termasuk didalamnya huruf, angka, lambang-lambang khusus, kode control perintah, serta kode lainnya. ASCII ini didevelop pada tahun 1968, yang merupakan standar untuk transmisi data antara software dan hardware. ASCII ini digunakan dalam dikebanyakan computer mini, dan diseluruh computer pribadi. Standar yang berlaku di seluruh duniauntuk kode yang berupa angka yang mempresentasikan karakter-karakter, baik huruf, angka maupun symbol yang digunakan oleh computer.
Terdapat 128 karakter satndar ASCII yang masing-masing dipresentasikan oleh Tujuh Digit bilangan BINER mulai dari 0000000 hingga 1111111. Format yang banyak digunakan untuk file teks didalam dunia computer dan internet. Didalam file ASCII, masing – masing Alphabetic, Numeric, maupun karakter khusus dipresentasikan dalam 7 bit bilangan biner ( kumpulan dari nol atau satu sebanyak tujuh angka ). Karakter dalam kode ASCII dibagi menjadi beberapa group Yaitu;  Control Karakter, Angka, Huruf Besar, Huruf Kecil dan tanda baca ( Pada tabel tidak begitu jelas). Vcontrol karakter ini sering disebut sebagai Printable-Charakter, yaitu karakter yang dikirim sebagai tahap awal ( pengenalan ) dalam berbagai kegunaan komunikasi data, misalnya sebelum informasi dikirimdari PC ke Printer. Dengan kumpulan bit ini terdapat sebanyak 128 charakter yang bisa didefinisikan . Sistem operasi yang berbasis unik atau DOS menggunakan ASCII untuk file teks , sedangkan Windows NT dan 2000 menggunakan kode yang lebih baru yang dikenal dengan istilah UNICODE.l Sistem yang dikeluarkan oleh IBM menggunakan data yang dibentuk dari 8 bit, yang disebut dengan EBCDIC.
ASCII Karakter Set dianggap brkaitan erat dengan pengertian berikut Sebuah kode 7 bit yang menggambarkan karakter dari ASCII dengan menggunakan nilai biner. Jangkauan nilai kode ini dari 0-127. Kebanyakan dari computer pribadi menggunakan perluasan dari kode ASCII yang berbasis 8 bit, sehingga didpatlan 128 karakter khusus dan symbol grafis.

Berikut Tabel ASCII :


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: