Oleh: blogfirman | 27 Januari 2010

KONSISTENSI IMAN

Hikmah jum’at kali ini bertemakan tentang “Konsistensi Iman”. Seperti yang kita ketahui bersama. Bahwa pengertian Iman itu sendiri adalah percaya didalam hati, diucapakn dengan lisan dan dilalukan dengan perbuatan. Namun, selain itu iman membutuhkan suatu konsistensi. Iman bukan ketika kita sedang diberikan rezeki yang melimpah  dan kita mengakui bahwa Allah sayang dan dekat dengan kita. Dan ketika kita sedang disempitkan rezekinya, kita tidak mengakui bahwa  Allah itu ada dan bahkan mengatakan bahwa Allah jauh dan tidak sayang dengan kita.

Hal ini telah digambarkan oleh Allah SWT, didalam Al Qur’an ;
Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu”. Qs. Al Fushshilat 30.

Dari ayat tersebut dapat diartikan; setelah kita beriman bahwa Allah itu ada maka selanjutnya kita harus tetap konsisten terhadap iman itu sendiri. Dan apabila dalam menjalankan konsistensi iman tersebut, kita menemukan batu sandungan. Maka, kita tidak boleh takut dan sedih untuk tetap menjaga keimanan itu. Sebaliknya kita harus tetap berusaha untuk sabar dan tawakal Karena Allah memberikan kabar gembira dan menjanjikan syurga kepada kita. Subhanallah……

Dari sedikit materi hikmah jum’at kali ini, dapat disimpulkan bahwa Iman itu bukan ketika kita diberikan kenikmatan kita mengakui bahwa Allah itu ada dan ketika susah beranggapan bahwa Allah itu tidak ada. Dengan kata lain, iman bukan tergantung suasana hati kita. Tetapi  Iman itu memerlukan suatu konsistensi. dan tak lekang oleh waktu.

Kebenaran hanya milik Allah SWT, jika ada kesalahan dalam penyampaiaan tak lain dari kesalahan penulis. Untuk itu mohon dimaafkan. Semoga Bermanfaat….!!!

Hikmah Jum’at
22 November 2009


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: