Oleh: blogfirman | 2 April 2010

KATEGORI UMAT YANG TERBAIK

Allah SWT berfirman ; “ Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. “ (Al Qur’an Surat Ali Imran, Ayat 110).

Dari Ayat tersebut jelaslah, bahwa untuk menjadi Umat Yang Terbaik, ada beberapa kategori yang harus dicapai.

  1. Menyuruh kepada yang ma’ruf
  2. Mencegah dari yang munkar
  3. Beriman kepada Allah

Dari ketiganya, Hendaklah kita mulai dari lingkup yang paling kecil, terutama untuk diri kita pribadi, kepada keluarga, orang yang kita sayangi dan cintai dan kepada semua umat pada umumnya untuk dapat menjadi Umat Terbaik disisi Allah SWT.

Selain itu Perintah Allah Ta’ala kepada muslimin Untuk melakukan amar ma’ruf nahi mungkar dalam firman-Nya, “Dan hendaklah ada di antara kalian segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar. Merekalah orang-orang yang beruntung.” (Al Qur’an Surat Ali Imran, Ayat 104).

Nabi Muhammad SAW bersabda; “Kalian harus menyuruh kepada kebaikan dan melarang dari kemungkaran, atau (kalau tidak) Allah akan mengirim hukuman kepada kalian, kemudian kalian berdoa kepada-Nya. Namun Dia tidak mengabulkan doa kalian.” (Diriwayatkan At-Tarmidzi dan ia meng-hasan-kannya).

Semoga kita semua termasuk kepada kategori Umat Terbaik disisi Allah SWT.

Kebenaran hanya milik Allah SWT,  jika ada kesalahan dalam penyampaiaan tak lain dari kesalahan penulis. Untuk itu mohon dimaafkan. Semoga Bermanfaat….!!!

Hikmah Jum’at, 2 April 2010


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: