Oleh: blogfirman | 30 April 2010

HIKMAH JUM’AT TENTANG SODAQOH

Ada dua cara untuk kita sebagai muslim untuk bershodaqoh. Yaitu Menampakkan sedekah dengan tujuan supaya dicontoh orang lain atau Menyembunyikan sedekah itu lebih baik dari menampakkannya, karena menampakkan itu dapat menimbulkan riya pada diri si pemberi dan dapat pula menyakitkan hati orang yang diberi. Hal ini telah dijelaskan di dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman:

“ Jika kamu menampakkan sedekah(mu)[172], maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya[173] dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” Al Baqoroh Ayat 271

[172]. Menampakkan sedekah dengan tujuan supaya dicontoh orang lain.

[173].   Menyembunyikan sedekah itu lebih baik dari menampakkannya, karena menampakkan itu dapat menimbulkan riya pada diri si pemberi dan dapat pula menyakitkan hati orang yang diberi.

Perlu diketahui bahwa shodaqoh tidaklah harus berupa materi. Jika kita punya tenaga yang berguna untuk orang lain atau berupa ilmu pengetahuan yang diajarkan kepada orang lain, menyingkirkan duri dijalan dan senyumpun merupakan shodaqoh. Nabi Muhammad SAW bersabda “ Tabassumuka Fii Wajhi Akhiika Shodaqoh” yang artinya “senyumanmu dihadapan saudaramu adalah shodaqoh”.

Kebenaran hanya milik Allah SWT,  jika ada kesalahan dalam penyampaiaan tak lain dari kesalahan penulis. Untuk itu mohon dimaafkan. Semoga Bermanfaat….!!!

Hikmah Jum’at, 30 April 2010


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: