Oleh: blogfirman | 11 Juni 2010

MEMAKSIMALKAN POTENSI DIRI YANG DIBERIKAN ALLAH SWT

Diceritakan,  dalam suatu kesempatan sahabat Umar RA mengingatkan kepada kita, bahwa kita tidak boleh hanya duduk manis berdo’a dan berpangku tangan mengharap rezeki dari Allah. Karena sesungguhnya, dari langit tidak akan hujan uang. Untuk itu selain berdo’a, maksimalkanlah potensi diri untuk menggapai rezeki Allah. Allah SWT berfirman ;

“ Dan Katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan”  . QS. At Taubah, Ayat 105.

Baik seorang ulama maupun cendikiawan, seorang karyawan maupun pegawai kantoran, seorang pengusaha maupun pekerja harus dapat memaksimalkan potensi diri sesuai dengan bidang yang ditekuni.

 

Seperti yang kita ketahui, Allah SWT telah memberikan kepada kita dua potensi. Dan potensi itu yang harus kita pergunakan dengan sebaik baiknya agar hidup kita bahagia di dunia dan akhirat. Potensi tersebut yaitu potensi jasmani dan potensi rohani. Potensi jasmani yaitu seluruh fisik yang kita miliki dan potensi rohani yaitu keimanan, kecerdasan, kepekaan terhadap lingkungan dan sesama.

 

Allah SWT memerintah kepada para orang tua, untuk mendidik dan menggali potensi anak – anaknya agar nantinya menjadi generasi yang kuat.

9. Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar. QS. Annisa, Ayat 5.

Mari kita gerakan tangan kita, untuk melatih potensi yang ada di dalam diri kita. Dan pada akhirnya mari kita berdo’a bersama, “ semoga Allah SWT memberikan kepada kita kemudahan dalam mencari dan menjemput rezekinya”.

 

Kebenaran hanya milik Allah SWT, jika ada kesalahan dalam penyampaiaan tak lain dari kesalahan penulis. Untuk itu mohon dimaafkan. Semoga Bermanfaat….!!!

 

Hikmah Jum’at, 11 Juni 2010

Iklan

Responses

  1. Hhmm.. potensi yg ada dlm diriku ap y akh?jgn blg kl manyun2 mrp slh1 potensi yg ada dlm driku y?awas kau.. hehehe. Ziip lah akh.. nanti di telaah lg.hehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: