Oleh: blogfirman | 19 Juli 2010

FADILAH ILMU

Menuntut ilmu bagi setiap muslim dari sejak lahir hingga tiang lahat adalah wajib hukumnya. Ilmu yang dimaksud adalah ilmu yang dapat menjembatani manusia menuju kebahagiaan di dunia dan akhirat. Penghargaan dari Allah SWT bagi orang orang yang berilmu adalah Allah SWT akan meninggikan derajat disisiNYA. Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an surat Al Mujadillah Ayat 11, berikut kurang lebih artinya ; “Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”.

Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an surat Az Zummar Ayat 9, berikut arti potongannya ; “Katakanlah: “Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?” Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran”.

Salah satu Hadist menyebutkan ; “ Sesungguhnya orang orang yang alim ( berilmu ) itu lebih baik dari ahli ibadah yang mengerjakan sholat 1000 rakaat”. Karena dengan ilmu kita dapat mengetahui bagaimana cara beribadah sesuai syarat sah nya ibadah yang telah di tentukan. MIsalnya ; dengan ilmu kita dapat mengetahui tata cara berwudlu, mengetahui syarat sah nya sholat sehingga sholat kita diterima olehNYA, mengetahui bagaimana cara berzakar, beramal dan lain sebagainya.

Dan ketahuilah bahwa menuntut ilmu walaupun hanya membaca satu huruf Al Qur’an itu lebih baik bagimu.

Kebenaran hanya milik Allah SWT,  jika ada kesalahan dalam penyampaiaan tak lain dari kesalahan penulis. Untuk itu mohon dimaafkan. Semoga Bermanfaat….!!!

Hikmah Jum’at, 16 Juni 2010


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: