Oleh: blogfirman | 7 Agustus 2010

SELAMAT DATANG RAMADHAN

Sebentar lagi kita akan masuk bulan Ramadhan, untuk itu marilah kita bersyukur dan menyambut dengan semangat karena akan datang bulan yang penuh rahmat dan kemuliaan dari Allah SWT.

Allah SWT telah berfirman di dalam Al Qur’an memberi perintah kepada kita untuk melaksanakan berpuasa ;

“ Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”. QS. Al Baqarah Ayat 183.

Dalam khutbah jum’at tadi, diceritakan bahwa jika terdapat kata “ Hai Orang – orang yang beriman “ pasti ada 2 dari salah satu yaitu terdapat 2 makna yang berat. Yaitu perintah yang berat ataupun larangan yang berat. Dalam ayat tersebut yang berisi perintah kepada kita untuk berpuasa adalah berat. Mengapa demikian? Karena yang akan mampu berpuasa adalah “ orang orang yang beriman”.

Diceritakan, fenomena saat ini “tak sedikit ada seseorang yang secara fisik bertubuh kekar dan kuat, namun tidak mampu melaksanakan puasa. Hal ini disebabkan orang tersebut tidak memiliki iman. Namun, ketahuilah bahwa sesungguhnya, Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.

Allah SWT berfirman yang potongan ayat tersebut kurang lebih artinya;

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya”. QS. Al Baqarah Ayat 286.

Janji – janji manis dari Allah di bulan Ramadhan, diantaranya sbb ;

  • 10 malam hari pertama di bulan Ramadhan merupakan malam yang penuh dengan Rahmat Allah. 10 malam hari kedua di bulan Ramadhan merupakan malam penuh ampunan. 10 malam hari yang terakhir merupakan malam yang sempurna karena Allah akan memberikan kepada kita syurga.
  • Semua amal ibadah akan dilipat gandakan  di bulan Ramadhan. Ibadah Sunnat akan diberi pahala seperti ibadah wajib. Ibadah yang wajib, akan dilipat gandakan oleh Allah.
  • Berpuasa dan membaca Al Qur’an akan memberikan syafa’at kepada kita di akhir. Di ilustasikan “Puasa akan bersaksi dan memohonkan ampun kesalahan kita kepada Allah, karena dengan adanya aku ( puasa ) meraka menahan lapar dan dahaga, serta memelihara pergaulan dengan isterinya diwaktu siang, maka dari itu ampunilah mereka Ya Allah. Dan begitu juga dengan Al Qur’an karena mereka telah menaggalkan dari tidur lebih awal karena mereka membaca aku ( Al Qur’an ).

Ketahuilah, sesungguhnya semua janji janji manis Allah, tidak ada janji sedikitpun, yang tidak akan dipenuhi oleh Allah SWT. Semua akan dipenuhi olehNYA.

Sekali lagi, marilah kita bersyukur dan berharap kepada Allah, semoga kita semua diberi kemampuan untuk melaksanakan ibadah di bulan ramadhan jika esok datang. Karena tidak semua orang, yang mungkin pada tahun yang lalu bersama kita melaksanakan puasa, shalat tarawih dan tadarus Al Qur’an bersama dapat melaksanakan kembali hal tersebut karena telah dipanggil oleh Allah SWT. Mereka semua tidak akan kembali, Meskipun mereka ingin kembali untuk berbuat amal kembali di dunia.

Kebenaran hanya milik Allah SWT,  jika ada kesalahan dalam penyampaiaan tak lain dari kesalahan penulis. Untuk itu mohon dimaafkan dan mohon koreksinya. Semoga Bermanfaat….!!!

Hikmah Jum’at, 6 Agustus 2010


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: