Oleh: blogfirman | 22 Oktober 2010

AMANAT

Perintah Allah kepada manusia untuk menyampaikan amanat yaitu salah satunya terdapat di dalam Al Qur’an Surat An-Nisaa ayat 58. Allah SWT berfirman ; “ Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat”.

 

pentingnya memenuhi amanat ;

Anas RA meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW selalu menekankan pentingnya memenuhi amanat. Anas RA berkata bahwa Nabi SAW jarang sekali memberikan khutbah tanpa menyebutkan pesan berikut ini: “ Barang siapa mengkhianati amanat yang diberikan kepadanya, sungguh ia tidak memiliki sedikitpun keimanan didalam dirinya. Barang siapa ingkar terhadap janjinya, ia tidak memiliki citarasa hidup Islami “.

Dijelaskan berdasarkan Tafsir Al Qur’an Dan Hadist bahwa amanat ada 2 ;

  1. Amanat Raya ; amanat yang Allah SWT perintahkan kepada seluruh umat manusia. Yaitu amanat untuk menjadi khalifa / pemimpin di muka bumi ini. Hal ini berdasarkan Al Qur’an Surat Al Baqoroh Ayat 30. Allah SWT berfirman ; Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”.
  2. Amanat Pribadi ; Amanat yang dititipkan Allah kepada setiap pribadi. Yang paling utama adalah menjaga rohani ( melaksanakan apa yang diperintah dan dilarang oleh Allah SWT ). Selain itu menjaga kesehatan jasmiah juga penting sebagai rasa syukur kita atas nikmat sehat yang diberikan.

Kebenaran hanya milik Allah SWT,  jika ada kesalahan dalam penyampaiaan tak lain dari kesalahan penulis. Untuk itu mohon dimaafkan dan mohon koreksinya. Semoga Bermanfaat….!!!

 

Hikmah Jum’at, 22 Oktober  2010

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: