Oleh: blogfirman | 30 Oktober 2010

MENJAGA HATI

Seperti yang kita ketahui, ranting yang basah akan lebih kuat jika dibandingkan dengan ranting kering. Ranting yang basah sulit untuk kita patahkan, sedangkan ranting kering akan mudah patah. Begitu juga dengan hati kita. Jika hati kita yang kukuh terhadap nilai nilai kebenaran dan senantiasa ingat kepada Allah SWT, maka hati kita akan dengan kuat menolak untuk melakukan perbuatan yang buruk. Sebaliknya, Jika kita memiliki hati yang lemah terhadap nilai nilai kebenaran dan tidak mengingat kepada Allah SWT, maka hati kita akan senantiasa berbuat keburukan. Dan demikianlah orang yang merugi.

Betapa indahnya sekiranya kita memiliki kalbu yang senantiasa tertata, terpelihara, dan terawat dengan sebaik-baiknya. Pastilah pemiliknya akan merasakan ketenangan hati. Allah SWT berfirman ;

“ Dia-lah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi[1394] dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”. Qs. Al Fath Ayat 4.

Allah SWT memberikan peringatan agar kita selalu senantiasa menjaga hati. Nabi Muhammad SAW bersabda ; “ Sesungguhnya Allah telah menciptakan segumpal darah dan segumpal daging. Ketahuilah, jika segumpal daging tersebut kotor, maka semua amalan yang diperbuat akan buruk. Dan jika segumpal daging tersebut bersih ( suci ), maka semua amalan yang diperbuat akan baik. Dan segumpal daging tersebut adalah HATI ”. HR. Muthafakun ‘alaih.

Mengenai bencana yang terjadi akhir akhir ini yang melanda negara kita Indonesia tercinta, seperti bencana Tsunami, gempa bumi, bencana banjir dimana-mana serta bencana Gunung Merapi yang akan meletus. didalam khutbahnya berpesan agar kita senantiasa bersabar terhadap berbagai musibah tersebut dan ini peringatan untuk kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Allah SWT berfirman ; “Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”. Qs. At Taghaabun Ayat 11.

Kebenaran hanya milik Allah SWT,  jika ada kesalahan dalam penyampaiaan tak lain dari kesalahan penulis. Untuk itu mohon dimaafkan dan mohon koreksinya. Semoga Bermanfaat….!!!

 

Hikmah Jum’at, 30 Oktober 2010

 

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: